ANGKATAN 34 SMAMCI DILARANG melakukan Corat-Coret Seragam Sekolah dan Konvoi di Jalanan!!

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Cileugsi Bapak Yudianto, S.Pd., Menghimbau kepada seluruh peserta didik Angkatan 34 yang pada hari ini; Senin 06 Mei 2024 dinyatakan LULUS, tidak boleh melakukan konvoi lulusan maupun corat-coret seragam sekolah kapanpun dan dimanapun. Apabila hal itu dilakukan maka pihak sekolah akan memberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang melakukan tindakan tersebut.

Larangan Corat-Coret Seragam Sekolah #SMA Muhammadiyah Cileungsi

Siapa yang tidak bahagia ketika dinyatakan LULUS oleh sekolah dari pendidikan jenjang SMA. Ada beberapa karakter yang bisa kita baca dari budaya corat coret dan konvoi dijalanan ini. Sikap cepat merasa puas, selebrasi terhadap kelulusan merupakan hal yang wajar. Namun bila itu harus dilakukan dengan beberapa aksi dan kegiatan yang tidak bermanfaat, tampaknya lebih sebagai sesuatu yang berlebihan. Euforia corat-coret dalam hal ini adalah cerminan rasa terlalu puas, atas prestasi menyelesaikan jenjang pendidikan menengah. Jika ini dilakukan 30 tahun yang lalu, mungkin agak relevan mengingat pada masa lalu pendidikan SMA merupakan jenjang pendidikan yang sudah lumayan tinggi. Konvoi-konvoi di jalanan umum merupakan hal yang tidak bermanfaat sama sekali, mengganggu aktifitas pengendara lain serta membahayakan keselamatan diri kita sendiri maupun pengendara lain. Belum lagi jika ada petugas Polantas bisa terkena pelanggaran lalu lintas atau TILANG.

Namun dalam masa sekarang, jenjang SMA merupakan jenjang yang relatif rendah dan biasa, karena saat ini sudah banyak orang yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi untuk meningkatkan taraf hidup dan masa depan lebih baik, sehingga aksi corat-coret seragam dalam hal ini adalah gejala terlalu berpuas diri dalam pendidikan. Hal itu kiranya bukan sikap yang baik, kaitannya dengan proses pencarian ilmu. Oleh agama, kita diajarkan untuk mencari ilmu minalmahdi ila allahdi, dari ayunan sampai liang lahat. Unesco pun mencanangkan program long life education, belajar seumur hidup. Mengapa generasi kita yang baru lulus SMA saja sudah terlalu puas dan gembira seperti itu?.

Sekolah sebagai lembaga yang selama ini mendidik para siswa tentunya mempunyai pengaruh yang besar bagi perilaku siswa dalam menyambut kelulusan ini. Bagaimanapun, sekolah merupakan lembaga yang mempunyai otoritas untuk melarang praktik selebrasi yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan. Jika di detik-detik akhir masa aktif ini, sekolah tidak mampu mendidik mereka, maka ini adalah sebuah pembelajaran yang su’ul khotimah, akhir yang buruk. Maka dari itu Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Cileugsi Bapak Yudianto, S.Pd., Menghimbau kepada seluruh peserta didik Angkatan 34 yang pada hari ini; Senin 06 Mei 2024 dinyatakan LULUS, tidak boleh melakukan konvoi lulusan maupun corat-coret seragam sekolah kapanpun dan dimanapun. Apabila hal itu dilakukan maka pihak sekolah akan memberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang melakukan tindakan tersebut.

Bagi siswa yang lulus melanjutkan ke dunia kerja, selamat datang dunia nyata yang sesungguhnya dan semoga sukses di masa mendatang. Bagi siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi semoga bisa mengikuti dan menyelesaikan kerasnya pendidikan jenjang kuliah hingga menjadi seorang Sarjana serta bisa sukses di masa mendatang.

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT