Penyebaran virus corona atau Covid-19 belum kunjung reda hingga saat ini. Sebagai salah satu ikhtiar dalam memutus mata rantai Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), tim yang tergabung di Tim Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 SMA Muhammadiyah Cileungsi melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi.

Disinfektan merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus dan bakteri) pada objek permukaan benda mati. Ini yang membedakan disinfeksi dengan antiseptik. Kalau antiseptik, membunuh atau menghambat mikroorganisme pada jaringan hidup. Sasaran penyemprotan antara lain di lingkungan ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, perpustakaan, ruang lab, toilet, masjid, taman, lobby sekolah dan sekitarnya.

Penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi ini dilakukan secara rutin. Namun, kalau dipandang perlu dan darurat bisa saja dilakukan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi setelah kegiatan sekolah berlangsung. Hal ini merupakan upaya pencegahan untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19.

Tim yang bertugas di lapangan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) berdasarkan Standar Operasi Prosedur (SOP) penyemprotan Covid-19. APD yang digunakan diantaranya wajib memakai baju hazmat, memakai masker dan sarung tangan dan memakai sepatu boot. Tim yang bertugas tidak diperkenankan menyentuh benda berupa apapun selain dari peralatan tim, guna menghindari dan meminimalisir resiko penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Tetap semangat, tingkatkan iman kita kepada Allah SWT, agar imunitas tetap terjaga, dan kesehatan kita aman terkendali, semoga pandemi Covid 19 segera berakhir. Aamiin. (yunita)