smamc86@gmail.com (021) 82480282

TEST PSIKOTES, PENTING KAH?

0 Comments

smamcileungsi.sch.id-Kini banyak sekolah-sekolah yang juga mengadakan tes psikologi. Tes psikologi SMA telah banyak dilakukan disekolah-sekolah untuk mencari tahu karakter siswa, potensi yang dimiliki, hingga kemampuaannya dalam menghadapi masalah disekitarnya. Hal ini tentunya diadakan dan diawasi oleh psikolog profesional yang menyediakan jasa layanan psikotes untuk siswa SMA. Jadi bentuk soal yang diberikan tentu berbeda dengan jenis psikotes kerja.

Kegunaan Psikotes di SMA Muhammadiyah Cileungsi

psikotes mengungkapkan informasi aspek psikologi yang ada di diri seseorang. Manfaat utama sekolah mengadakan psikotes untuk siswa SMA Muhammadiyah Cileungsi ialah untuk mencari tahu bakat atau potensi terbesar yang dimilikinya. Dengan begitu, ini bisa memudahkan pemetaan dan pengambilan jurusan untuk siswa itu sendiri nantinya. Tidak sedikit siswa yang masih kebingungan dengan bakat maupun minat yang dimilikinya sehingga tes ini akan sangat membantu.

Psikotes juga digunakan untuk mencari tahu tingkat intelegensi siswa SMA Muhammadiyah Cileungsi. Dengan mengetahui setiap tingkatan kecerdasan setiap siswa, maka akan lebih mudah dalam mengelompokkan kelompok belajar. Dengan mengikuti tes psikologi, siswa bisa mengindentifikasi kemampuan atau kecerdasan diri. Bisa saja disuatu kelas ternyata ada siswa dengan IQ tinggi sehingga lebih cocok untuk belajar dikelas khusus. Atau siswa yang kemampuan intelegensinya kurang bisa mengikuti program belajar tambahan.

Tes psikologi untuk siswa SMA Muhammadiyah Cileungsi penting karena bisa membuat kinerja guru ataupun pembimbing menjadi lebih efisien. Guru bisa lebih baik dalam memahami karakter dan kemampuan siswanya sehingga bisa memberikan bantuan ataupun perhatian yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Misalnya saja dalam memberikan arahan tentang pemilihan jurusan kuliah, dsb. Sehingga tes ini penting karena tidak hanya bermanfaat bagi siswa itu sendiri tetapi juga untuk orang-orang yang terlibat disekitarnya seperti guru, dsb.

Dengan melakukan tes psikologi, akan teridentifikasi bukan hanya bakat, minat, dan intelegensi siswa saja tetapi hal-hal penting lainnya seperti tingkat stres, kesulitan, dsb. Siswa juga bisa memiliki masalah seputar kejiwaannya misalnya saja kesulitan dalam bergaul, kesulitan memahami pelajaran, stres yang disebabkan lingkungan sekolah, dsb. Dengan begitu, bisa dicarikan solusi terbaik agar siswa bisa memiliki kejiwaan yang lebih sehat. Itulah mengapa tes psikologi sangat penting untuk dilakukan.

One thought on “TEST PSIKOTES, PENTING KAH?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Ada Yang Bisa Kami Bantu?